Minggu, 09 Februari 2014

"Masuk FK UNDIP? Gimana ya?"





Banyaknya pertanyaan yang masuk menjelang SNMPTN maupun SBMPTN, kami mencoba menampung pertanyaan-pertanyaan teman-teman dan merangkum jawabannya di sini. Silahkan disimak ya, semoga membantu J
1. Untuk SNMPTN, berapakah nilai yang harus saya miliki untuk bisa diterima di FK UNDIP?
Jawab: Sebenarnya tidak ada penjelasan secara gamblang dari pihak Fakutas dan Program Studi untuk nilai tertentu pendaftar yang akan diterima. Penerimaan mahasiswa juga akan mempertimbangkan hal-hal lainnya seperti prestasi akademik lainnya, turun-naiknya atau kestabilan prestasi siswa (calon anak FK UNDIP ga boleh ya tanya "nilai yang stabil kayak gimana?"hehe), kuota, jumlah pendaftar, hingga prestasi  alumni alias kakak-kakak kelas Anda yang diterima di Universitas loh.

Prinsipnya, karena persaingan akan sangat ketat, nilai Anda haruslah di atas rata-rata. Ya umumnya bisa dikatakan minimal 8 lah. Bukankah untuk menjadi peserta SNMPTN Anda juga harus memiliki prestasi akademik yang baik semenjak semester 1 sampai semester 5? Tapi, belum tentu juga ya untuk nilai yang sama persis bisa sama-sama diterima. Kenapa? karena bisa jadi akreditasi sekolah Anda juga mempengaruhi. Besar kemungkinan untuk nilai 9 dari sekolah akreditasi A akan lebih berbobot dibanding 9,4 dari sekolah akreditasi B, misalnya. J

Oh ya, dan satu lagi, Anda juga akan dinilai sesuai pilihan jurusan Anda kelak, apakah sesuai dengan kemampuan Anda atau tidak. Jadi pilihlah jurusan sesuai minat,bakat,dan kemampuan Anda ya :)


2. Nilai di atas rata-rata itu mulai semester 1 atau dari semester 5?
Jawab: Penilaian menggunakan nilai rata-rata ya. Jadi jika diminta transkrip raport mulai semester 1, itu artinya nilai rata-rata semenjak semester 1 hingga 5.

3. Kalo masuk lewat jalur SNMPTN, biayanya berapa?
Jawab: (sekalian di no.4 ya :))

4. Berapa sih biaya masuk FK UNDIP, SPP,dll nya?
Jawab: Mulai tahun 2013, UNDIP telah menerapkan system Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan adanya system UKT ini, semua biaya dari jalur apapun besarnya sama. Yang membedakan hanyalah pada golongan UKT manakah nanti Anda dikategorikan.  Jadi  tidak ada ‘uang gedung’, hanya SPP. Berikut ini penggolongan UKT untuk mahasiswa:
Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan:
a.       Golongan I : 0-500.000
b.      Golongan II: 500.000-1.000.000
c.       Golongan III: 4.500.000
d.      Golongan IV: 6.000.000
e.      Golongan V: 7.500.000
Pendidikan Dokter
a.       Golongan I : 0-500.000
b.      Golongan II: 500.000-1.000.000
c.       Golongan III: 10.000.000
d.      Golongan IV: 14.250.000
e.      Golongan V: 18.500.000

Itulah besar biaya yang harus dibayar mahasiswa tiap semesternya. Penggolongan ini ditentukan oleh Universitas berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa dan merupakan wewenang dari Universitas secara langsung. Meskipun begitu, (calon) mahasiswa masih bisa mencoba melakukan banding jika besarnya biaya dinilai tidak dapat ditanggungnya. Upaya banding ini biasanya akan dibantu oleh bagian KESMA ataupun bidang lain yang terkait, dari BEM Fakultas maupun Universitas.

5. Kalo mau masuk FK, nilai apa sajakah yang harus bagus?
Jawab: J Intinya, penilaian kan juga menggunakan nilai rata-rata (keseluruhan) dan persaingan juga ketat, maka Anda harus berusaha EXCELLENT di semua mapel.Walaupun yang diutamakan adalah nilai mapel yang di UAN-kan, namun jika ingin masuk FK, Anda tidak bisa hanya focus pada pelajaran-pelajaran tertentu saja seperti mapel MIPA. Misal saja nilai MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) Anda 8,5, tapi  B.Inggris 7. Walaupun nilai 7 hanya  ada di B.Inggris, namun hal ini bisa  banyak berpengaruh loh. Karena apa? Karena banyaknya pesaing yang bahkan menganggap nilai 8 adalah nilai yang sangat biasa, bahkan mungkin banyak yang rata-rata nilainya 9,5 atau lebih. Dan jangan lupa, nilai keseluruhan (termasuk yang tidak ikut di UAN-kan) mungkin saja menyumbang penilaian untuk Anda, terutama pada penilaian 'kestabilan nilai'  


6. Kak, saya dari SMK, bisakah saya mendaftar FK UNDIP?
Jawab: kalau mendaftar, tentu saja bisa. Hanya saja peluangnya...sangatlah kecil terutama untuk Prodi Pendidikan Dokter. Hal ini pun sudah tercantum secara tidak langsung dalam ketentuan yang ada di snmptn.ac.id berikut ini:
  • Siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
7. ..Tapi saya dari SMK Kesehatan, kak? tetap tidak bisa?
Hmm..mungkin untuk Prodi Ilmu Keperawatan dan Ilmu Gizi, lulusan SMK Kesehatan masih memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan untuk masuk Pendidikan Dokter.


Okay, itu beberapa pertanyaan yang ada dulu. Penyebutan nilai di sini hanya untuk perkiraan saja ya. Walaupun begitu, jangan sampai angka-angka tersebut menyiutkan niat dan 'nyali' Anda untuk mendaftar di FK UNDIP ini. Justru jadikan hal itu sebagai pacuan untuk berusaha lebih dan lebih baik lagi! :D

Begitu ya, jadi terutama untuk adik-adik yang belum di tahun ajaran akhir masa SMAnya, jangan membatasi diri untuk hanya excellent di pelajaran-pelajaran tertentu saja. DO THE BEST! 

Sekian dulu, jika ada pertanyaan lain akan kami update. Terimakasih. :)
Share This

78 komentar:

  1. kalau untk biaya praktek2 gitu gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ulfa, untuk sistem UKT, biaya praktek udah masuk dalam paket UKT yg dibayarkan tiap semesternya :)
      Jadi waktu praktek ga perlu bayar lagi.

      Hapus
  2. Kalau cara mendaftar beasiswa kedokteran gmna??

    BalasHapus
  3. UKT itu udah termasuk sama SKS belum kak?

    BalasHapus
  4. Kalau lulusan D3 ...apakah biaya nya sama sajah?

    BalasHapus
  5. kalau masuk fk undip melalui jalur mandiri, apa tetap tidak ada uang pangkal kak?

    BalasHapus
  6. Saya dari Bandung. Saya berniat ikut snmptn di fk undip. Tp setelah bberapa tahun ke blkang gak ada kaka kelas saya yang prrnah daftar wilayah sana. Kalo dilihat dr segi nilai rapot alahamdulilah. Pertanyaan saya.
    Ada kabar kalo setiap putra daerah di prioritaskan. Apa saya kemungkinan dr wilayah jabar bisa masuk kesana.
    Terima kasih.

    Nb. Nilai rapot harus signifikan naik atau tidak.
    Misal.
    87.05 , 87.5 , 86.5 , 87.8

    Kalo seperti itu ada kmungkinan gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hendra, dkk. Maaf kami sedang melakukan perbaikan dan pengalihan website, sehingga terlambat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk di sini.
      Jika tidak ada kakak kelas yang pernah masuk di FK UNDIP sebelumnya, hal itu tidaklah masalah jika Anda memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan oleh FK UNDIP. Poin itu hanyalah kemungkinan saja untuk dijadikan pertimbangan.
      Jika Anda dari Jabar, hal itu juga tidak masalah karena FK UNDIP menerima semua WNI yang berasal dari segala penjuru Indonesia. Sekali lagi, yang penting Anda memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan institusi.
      Nilai raport Hendra baik, tentu saja kemungkinan itu ada. Semangat berjuang ya! untuk SNMPTN 2015 kan?

      Sekali lagi mohon maaf atas keterlambatan kami. Kami akan mengalihkan website kami ke alamat bem.fk.undip.ac.id.
      Untuk pertanyaan bisa diajukan ke email bem@fk.undip.ac.id, twitter @BEMFKUNDIP, fanpage BEM FK KM UNDIP.
      Terimakasih.

      Hapus
  7. Makash minta doanya ya ka. Btw kriteria utama yg di inginkan FK undip seperti apa kak?... Yang point pntingnya.
    Apakah ada syarat misal mata pelajaran mipa nya harus bagus dsb.. Apakah dengan nilai mipa lbh dri 90 tiap semester itu bisa jadi pertimbangan kak?.... fk undip buka jalur apa saja kak. Makash atas jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kriteria penerimaan sebenarnya tidak dijelaskan secara gamblang oleh universitas atau fakultas maupun prodi. Namun yang pasti nilai atau poin yang tinggi sangat menentukan penerimaan. Jadi selama nanti hasil nilai atau poin tes masuk tinggi dan lolos verifikasi kesehatan (misal tidak buta warna), jalan ke FK terbuka lebar. Mapel apa yang harus bagus, tidak ada ketentuan khusus, usahakan semua nilai excelent (terutama jika mendaftar SNMPTN). Nilai lebih dari 90 tiiap semester tentu saja sangat baik dan dapat menjadi pertimbangan.
      Untuk FK, jalur masuknya sama dengan jurusan lain di Undip pada umumnya, yakni SNMPTN, SBMPTN, UM.
      Semangat dan selamat berjuang selalu ya ! kalau masuk FK jangan lupa ikut BEM :D

      Hapus
  8. Assalamualaikum kak, saya mau tanya kalo nilai biologi, mat, kimia, n b. inggris naik tapi yg fisika dari 87 pernah jadi 84 trus naik jadi 85. dan saya pernah dapat juara 3 di bidang biologi tingkat kabupaten itu peluangnya gimana kak untuk ke fk undip? makasih kakak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr.wb. Nilai Evi sudah baik dan juga memiliki prestasi akademik lain. Insya Allah peluang masuk FK juga besar. Nilai yang sangat tinggi di raport sangat menunjang penilaian masuk untuk jalur SNMPTN. Selalu do the best ya untuk meraih cita-cita! Man jadda wa jadda! Semangat!

      Hapus
  9. ass. ka saya mau bertanya klaau seandainya lulusan keperawatan ingin daftar ke fk, apakah hanya bisa ikut daftar melalui um saja??dan apakah ada tes tambahan lainnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Yani, bagaimana maksudnya? lulusan keperawatan dari SMK keperawatan maksudnya? atau dari D3 ke S1? Dan FK yang dimaksud apakah Pendidikan Dokter atau S1 Ilmu keperawatan atau Profesi Ners?

      Hapus
  10. seandainya dr llulusan kperwatan bs dftr lwat um,, mteri apa sja yg d ujikan?terima ksih

    BalasHapus
  11. Kak apa ada sosmed atau email yang bisa saya hubungi biar enak tanya jawabnya. Insya allah jika jodog d fk undip saya ikut BEM. Btw rapit aku ada yang 78 paling kcil . Pend. Olah raga . Apa itu gak akn mempengaruhi nilai yang lain?. Tp alhmdulilah nilai mipa saya selalu diatas 90.. Tiap semester
    ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apalah olahraga 78 :) BEM FK bisa dihubungi melalui twitter @BEMFKUNDIP atau email bem@fk.undip.ac.id ya

      Hapus
    2. Sy menyimak terus, Selamat ya a hendra, prestasi kamu sangat membanggakan org tua, kalau ada waktu mampir ke rumah saya di pasar panimbang, 10km sebelum wisata tanjunglesung 087773486441
      Sy juga ingin punya anak pinter kyk gini..

      Hapus
  12. Assalamu alaikum kak, prosentasi nilai raport dan nilai UN untuk FK undip bagaimana?

    BalasHapus
  13. oh iya kak kalau PNS itu masuk golongan brp dlm mmbayar UKT?

    BalasHapus
  14. hallo kak..
    aku skrg klas 12 SMK di boyolali jurusan kimia industri
    rencananya aku mau daftar undip prodi ISIP ADMINISTRASI BISNIS. bisa ga kak? makasih ツ

    BalasHapus
  15. hai kak, saya dulu dari SMA N 3 Semarang, terus saya dapet beasiswa di USA sampe besok lulus. Nah kalo saya mau daftar di FK Undip peluangnya gimana ya kak ? soalnya saya harus ikut susulan UN (paket C) krn saya masih di USA sampai juni 2015. Makasih banyak :)

    BalasHapus
  16. Haloo ka maaf untuk smk kesehatan peluangnya kecil tapi masih ada kemungkinan jika lolos sbmptn kan ka?:) terimakasih

    BalasHapus
  17. Kak , saya dari jabar .Untuk masuk ke PTN lewat snmptn undangan katanya rapot harus sebanding dgn nilai UN .Apakah ini juga berlaku bagi UNDIP ? Berapa persen peluang untuk masuk FK UNDIP melalui snmptn undangan ? Undip itu susah lulusnya ,itu bener ga ?

    BalasHapus
  18. Dari sinilah saya selalu mencari informasi dari beberapa teman dan sahabat saya untuk memberikan masukan serta arahah agar aku bisa kuliah di fakultas kedokteran. Akhirnya saya diberikan Salah satu teman dari teman saya memberikan Saya NOMOR HP untuk saya Hubungi, hingga saya langsung menghubungi No HP tersebut, aku menelepon No HP itu sebanyak 2 kali baru bisa terjawab, akhirnya saya berbicara dan menyampaikan keluhan saya selama ini.

    Dia merespon pembicaraan saya dan saya diberi petunjuk Untuk mengikuti 1 kali tes lagi, tapi bukan melalui jalur SNMPTN dan alur kerjasama. Penyampainyannya begini kalau memang adik mau saya bantu dengan janji kelulusan, maka saya akan bantu, tapi dengan 1 catatan adik harus menuruti apa yang akan nantinya saya arahkan, DAN SAYA JAWAB IYA SAYA SIAP, akhirnya dia menyuruh saya UNTUK MENGIKUTI JALUR NONSUBSIDI. Dan Saya jawab bukankah melalui jalur itu harus membayar terlalu banyak, katanya YA benar yang adik bilang, bahkan bisa sampai membayar ratusan juta. Tetapi adik tidak usah khawatir, saya bisa meluluskan adik dengan pembayaran hanya sebesar Rp. 20.000.000, saya menjawab bukankah biaya itu sangat sedikit, untuk jalur nonsubsidi, Ya adik memang benar apa yang adik bilang,

    Dan saya jawab kalau biaya segitu pastinya saya sangat mau. Singkat cerita, hingga akhirnya berkat dia saya dinyatakan LULUS fakultas kedokteran UI yang saya idamkan. Dan itu menjadi rasa syukur yang amat mendalam bagi saya.

    Dan darisinilah saya mengetahui kalau orang yang membantu saya hingga LULUS, adalah PEJABAT DIKTI DARI PUSAT, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi yang membidangi bagian kemahasiswaan.

    Dia Adalah Kepala Subdirektorat Kemahasiswaan.

    Bpk Dr. Widyo Winarso
    Ini No Hp-nya 0857-5619-0157.

    Anda mau seperti saya yang bisa kuliah di fakultas kedokteran, langsung saja m'hubungi No hp Bpk Dr. Widyo Winarso, Semoga beliau bisa membantu kelulusan anda seperti beliau meluluskan saya dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar 20 juta saja.

    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kepada adik "Pratama.Adhi" dan atau yang mengaku Dr Widyo Winarso, saya doakan semoga segera mendapat hidayah dan segera menyadari, tidak lagi memposting dan membuat laman untuk menipu Saudara2nya.
      Semoga belum ada yang tertipu.

      Salam
      Widyo Winarso
      Ditjen Dikti Kemdikbud (Kemenristekdikti)

      Hapus
    3. Maaf ka, sy mau tanya apakah kalau di PTN lain, pak WIDYO WINARSO bisa membantu sy ?
      Trmksih :)

      Hapus
    4. Lhah itu sudah dikonfirm langsung oleh bapak widyo winarsonya :v

      Hapus
  19. Kaka, saya dari SMK telkom. saya ingin daftar FK Arsitektur di UNDIP

    Menurut kaka kemungkinan saya diterima disana gmana ya? Thanks

    BalasHapus
  20. Kak, saya dari SMAN3 medan. saya ingin masuk FK UNDIP lewat jalur undangan. Alumni dari sekolah ada 2 orang. 2 tahun lalu 1 orng. Tahun lalu juga 1 orang. Nah tahun ini saya ingin masuk fk undip, nilai rata2 saya dari semester 1-5 itu 92,7 dan stabil. Tapi ada juga dari sekolah 1 orang lagi yg ingin masuk. Rata2nya 93. Menurut kakak saya harus fight tetap fk undip atau tidak? Peluang jebol kami jebol duaduanya besar tidak kak dengan alumni yang 2 tahun berturut turut ada masuk fk undip? Terima kasih

    BalasHapus
  21. Kak saya sekolah di SMA N 2 Plus Panyabungan wilayah provinsi Medan ngambil jurusan FK di Undip,alumni saya juga ada disana tp gak jurusan FK..ada gak kak peluang saya masuk FK UNDIP..tolong djawab yah kak

    BalasHapus
  22. kak saya ingin bertanya? saya ingin sekali masuk Fakultas Teknik Geologi? Ratax2 rapot saya dari semeter
    1-5: 83,84.5,85,86,87.5? dari nilai tersebut apakah saya berpeluang untuk masuk fakultas teknik geologi UNDIP?? dan kakak kelas saya juga banyak yang sudah masuk UNDIp, apalagi tahun kemarin?? ... Please Answer.... Thanks

    BalasHapus
  23. Ka saya ingin bertnya ka saya kan lulusan smk kesehatan saya cndrung masuk prodi apa ya ka? Jika saya mendaftrkan lewat jalur SNMPTN
    Untuk kriteria nilai rapot kira2 brpa ya ka? Trma ksh

    BalasHapus
  24. maaf kak mau tanya. untuk masuk FK undip apakah nilai biologinya harus bagus sekali? kalau nilai matematika dan kimia bagus tetapi biologinya kurang bagus bagaimana ya? apakah penerimaannya hanya berdasar nilai biologi atau nilai keseluruhan?. terimakasih

    BalasHapus
  25. selamat siang kak, mau tanya nih, jika ada nilai UN yang dibawah 3 itu masih ada peluang gak kak?

    BalasHapus
  26. assalamualaikum kak, saya masih kelas 2 sma tap saya sudah berencana masuk FK undip, tapi saya bingung mengenai biaya maklum dari ekonomi kelas menengah. nilai saya rata rata 85 an keatas dan kemaren saya mengikuti lomba fisika tngkat nasional di ITS dalam event enginering physic week dan alhamdulilah dapat juara kedua, saya mau tanya apa saja yang harus saya persiapkan selama setahun kedepan agar saya bisa diterima di FK undip kak ? mohon jawabanya dan jika ada nomor contaq yang bsa saya hubungi tolong untuk dicantumkan agar saya lebih mengenal FK undip, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabanya kak. wassalamualaikum

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum. Kak, FK di dlamnya trmasuk kedokteran gigi?

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum. . . maaf kak, kalo transfer dari D3 ke S1 bgaimana yah?.

    trims :)

    BalasHapus
  29. Kk saya pengen kali masuk kedokteran kk, tapi nilai rata-rata lapor saya dari smster 1-4 . 82, . 84, . 85, . 84, . Rendah kali kan kk? Gmna tu kk, apa ada peluang aku buat masuk kedokteran?

    BalasHapus
  30. saya ingin bertanya, apakah di undip masih diberlakukan pembayaran uang pangkal bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur ujian mandiri? terimakasih, mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  31. Ka ada syarat fisik ga untuk masuk Ilmu keperawatan, misalnya tinggi minal dll gitu..

    BalasHapus
  32. Kak apakah bisa lulusan d3 analis kesehatan kalau mau melanjutkan ke fakultas kedokteran?

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum kak..
    saya mau tanya, kalo persaingan di SNMPTN itu persaingan per prodi apa per fakultas kak? misal gini, temen satu sekolah saya ingin mendaftar di fk undip tp prodi pend. dokter,nilai dia lebih tinggi dr saya, nah saya daftar di keperawatannya, lah itu gmn kak? artinya kami itu saingan apa egk? kan fakultasnya sama, tp prodinya beda yo kak?
    terus kan kakak kelas sya ada yg th kemaren di pend. dokter undip lewat jalur snmptn, itu bsa jd pertimbangan apa egk kak? meskipun sya daftarnya di keperawatan, bukan pend.dokter
    makasih kak :) assalamualaikum :)

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum wr. wb.saya pengen nanya nih...
    Ada apa nggak kalo ciri-ciri spesifik untuk masuk di FK UNDIP
    Apa ada batasan umur ?
    karena saya ini masih umur 15 tahun. Kerena dulu saya masuk SD umur 4 tahun trus waktu penjurusan di SMA ternyata saya masuk di kelas akselerasi 2 tahun. Kalo kayak gitu bisa nggak?

    BalasHapus
  35. hay ka, saya dari SMK jurusan teknik komputer, tapi saya pengen masuk FK di UNDIP,., tadi di atas di bilang peluangnya kecil,,., padahal saya sudah banyak belajar tentang kesehatan,., apalagi nilai rata rata di sekolah saya selalu bagus, terutama di IPA.,. gimana dong kak.,. apakah dari pihak UNDIP masih mengkhawatirkan siswa dari SMK ? apalagi jurusan teknik seperti saya ? Terima kasih

    BalasHapus
  36. Maaf kak sebelumnya , kenapa sih siswa lulusan SMA peluangnya lebih besar untuk masuk di FK dari pada siswa lulusan dari SMK KESEHATAN ? padahal kan kalau siswa lulusan SMK KESEHATAN masuk di FK udah sesuai jurusannya.
    terima kasih.

    BalasHapus
  37. Kak saya dari SMAN 1 BULUKUMNA di Sulsel, saya mau nanya kira-kira pendaftr snmptn dri luar provinsi itu peluangnya banyak nggak untuk bisa masuk di fk undip. Trima kasih

    BalasHapus
  38. ass wr wb. kak saya recksi dari sman plus 7 bengkulu, ingin bertanya. tolong jwb ya kak . kan nilai kkm kami itu sangat rendah kira2 sekitar 74,75 an lah. apa bisa bersaing nilai rapot saya dengan siswa2 lain yang ingin mendaftar di undip jika kkm sma kami kecil ? tks kak.

    BalasHapus
  39. assalamu'alaikum
    kak? mau tanya, aku nabila dari SMA pekalongan
    nilai rata-rata raportku smstr satu 90, smstr dua 91, smstr tiga 87,9, smster empat 90,6, smster lima 90,9
    apa nilai segitu masih ada harapan untuk masuk fk kedokteran undip jalur snmptn?
    aku juga masih punya beberapa piagam prestasi lain?
    dan nilai rata rata yang turun itu apakah juga akan mempengaruhi ?

    terimakasih kak
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nilai rata-rata keseluruhan, apa nilai rata-rata yang di un kan ?

      Hapus
  40. Ass. Ka. Saya dari SMAN 1 Kab.tangerang saya pengen masuk FK undip tapi saya jalur ips K13 dulu pernah ada kimia dan fisika pas kelas 1 dan kelas 2 dan 3 cuma ada biologinya apakah saya bisa masuk FK undip?

    BalasHapus
  41. mas/mba aku pengen masuk t.elektronya undip tapi nilai kimiaku pernah 2,84(niai max 4) peluang bisa diterimanya ada gak?

    BalasHapus
  42. Kak saya dari smk jurusan farmasi, saya bisa tidak mendaftar FK??

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum, ka aku mau tanya. Yang diliat itukan nilai keseluruhan. Kalau misalnya ada nilai yang turun gimana? Berpengaruh ga ka? Ada nilai rata rata raport untuk nilai minimal masuk snmptn diundip ka?

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. assalamualaikum. Kak nama saya Citra Nur Fadilah dari SMA Negeri Mojoagung, kalau ada kakak kelas yang ikut di tahun lalu dan lolos apakah di tahun yang ini ada peluang lebih dari satu anak yang masuk fk undip?

    BalasHapus
  46. Permisi temen" mohon berbagi infonya,siapa tau info saya berguna bagi temen" atau sebaliknya.id line hendraasfrianto makasi

    BalasHapus
  47. kira2 saya bisa terima di fk undip gk kk??
    nilai sem 1 89.8 sem 2 89.6 sem 3 88.8 sem 4&5 (proses) akreditasi school A , BACKGROUN SKOLAH islamic boarding school (MA) JURUSAN IPA .tinggal di Padang SUMBAR ,lmayan bnyak sertifikat lomba bid.studi biologi se sumatera , tpi gk juara, cma smpai semi final aja ,,alumni di undip juga gk trlalu banyak,, sedang2 lah dan saya tamat 2016/2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekolah dimana ?
      Dan mau mengambil jurusan apa ?

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Kak nilai semester 1 saya 83,6 semester 2 saya 87 nilai semester 3 saya 91,1 nilai semester 4 saya 88,8 dan nilai semester 5 saya 89,1 itu rata-rata nilai yang di un kan, kira-kira saya bisa masuk di undip nggak kak ? Tapi saya nggak punya sertifikat lomba, kalau masalah akreditasi sekolah saya alhamdulillah A.Makasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  51. "4. Berapa sih biaya masuk FK UNDIP, SPP,dll nya?
    Jawab: Mulai tahun 2013, UNDIP telah menerapkan system Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan adanya system UKT ini, "semua biaya dari jalur apapun besarnya sama". Yang membedakan hanyalah pada golongan UKT manakah nanti Anda dikategorikan. Jadi tidak ada ‘uang gedung’, hanya SPP. Berikut ini penggolongan UKT untuk mahasiswa:
    Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan:
    a. Golongan I : 0-500.000
    b. Golongan II: 500.000-1.000.000
    c. Golongan III: 4.500.000
    d. Golongan IV: 6.000.000
    e. Golongan V: 7.500.000
    Pendidikan Dokter
    a. Golongan I : 0-500.000
    b. Golongan II: 500.000-1.000.000
    c. Golongan III: 10.000.000
    d. Golongan IV: 14.250.000
    e. Golongan V: 18.500.000
    " kak untuk jalur yang UM bagaimana?

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Ass.wr.wb
    Kak kalo syarat tinggi masuk FK berapa si? Sangat berpengaruh ngga?
    Terimakasih

    BalasHapus
  54. Ass.wr.wb
    Kak klo dri jurusan d3 keperawatan mw masuk fkm,,bisa ko ngga?

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. saya mau masuk FK UNDIP. menurut kaka peluang saya gimana kalau nilai saya dari smester 1 sd 5 itu 80.1 80.3 80.1 84.5 86.6 85.5 . mohon jawabannya kak

    BalasHapus
  57. Halo kak, aku mau nanya. Untuk tahun 2017/2018 nilai masuk ke Fk itu rata" berapa ya kak?

    BalasHapus
  58. doakan kak masuk fk undip
    2017
    amin......

    BalasHapus
  59. Kalau masuknya lewat jalur mandiri apakah sistem ukt masih berlaku berdasarkan golongan atau disamaratakan?

    BalasHapus
  60. Kalau masuknya lewat jalur mandiri apakah sistem ukt masih berlaku berdasarkan golongan atau disamaratakan?

    BalasHapus
  61. Ka ,aku lulus tahun lalu . mau masuk fk gizi ,tapi pas SMA aku jurusan IPS .kira2 bisa nggak ya kak 😢

    BalasHapus
  62. Maaf kak mau tanya,saya kan dari sekolah swasta salah satu di Semarang dan akreditasinyapun sudah A. Apakah Undip mengutamakan sekolah negeri dulu baru swasta? Terimakasih kak

    BalasHapus
  63. ada mahasiswa pendidikan dokter ga yg diterima lewat jalur prestasi?

    BalasHapus
  64. Maaf kak mau tanya saya sekolah di smk dan saya ambil jurusan di teknik komputer dan jaringan, kalo saya mau daftar di fakultas kedokteran apa kemungkinan bisa masuk kak?

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum. Kak mau tanya kalau fk undip itu ada bidikmisinya gak kak??
    Terima kasih kak.

    BalasHapus

Contact Us

BEM FK KM UNDIP
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro
Jalan Prof Soedarto, SH Tembalang, Semarang

Sekretariat : Gedung A Lantai 1 FK UNDIP
BEM FK KM UNDIP | @BEMFKUNDIP | bemfkkmundip@gmail.com



Designed By Seo Templates and 3DESIGN